nano spray mci
| 0 komentar ]

Dari judulnya saja pasti kita sudah tahu bagaimana "kehebatan" artikel yang ditulis oleh seorang blogger professional Dean Rieck dalam websitenya yang bernama copyblogger.com.

Saya sengaja menerjemahkan artikel ini karena setelah saya baca ternyata artikel yang ditulis oleh Dean Rieck ini berbeda dengan artikel - artikel yang pernah saya baca. Isinya lebih jelas, singkat, dan padat. Jadi lebih mudah diserap :)

Nah ini dia The Ultimate Blogger Writing Guidenya :) Selamat Membaca :D

1. Put The Reader First

Utamakan para pengunjung terlebih dahulu. Tujuan dari penulisan artikel jelas, terkadang mengajak, komunikatif. Ini bukan soal kamu atau idemu yang cerdas. Apabila kamu menulis untuk mengesankan, kamu akan membingungkan pengunjung dari content. Menulis bagus itu seperti jendela toko. Dia selalu bersih dan jelas. Memberikan sebuah pandangan tanpa halangan dari dalam content.


2. Organize your thoughts

Atur Idemu. Kamu tidak perlu detail garis besar dari kebanyakan menulis. Tapi kamu harus tahu apa yang kau katakan sebelum kamu mengatakannya. Apabila kamu sudah nyaman dengan bagian pendek dari garis besar yang kamu pelajari di sekolah, gunakan! Kecuali, dengan mudah catat point - point penting yang ingin kamu buat, dan susun mereka. Hilangkan ide apapun yang tidak secara langsung berhubungan dengan point - point ini.


3. Use Short Paragraph

Gunakan paragraf yang pendek. Lihat koran apapun perhatikan paragraf pendeknya. Itu sudah cukup untuk membuat membaca lebih mudah sejak otak kita menerima informasi lebih baik disaat ide - ide rusak menjadi bongkahan kecil. Didalam menulis, gaya penulisan lebih sedikit formal dan paragraf bisa sependek satu kalimat atau bahkan satu kata.

4. Use Short Sentence


Gunakan kalimat yang ringkas. Kamu harus membiarkan kalimat pendek untuk alasan yang sama kau membiarkan paragraf tetap pendek : Mereka mudah dibaca dan dimengerti. Setiap kalimat harus mempunyai satu pemikiran yang sederhana. Lebih dari itu hanya akan membuat bingung.



5. Use Simple Words


Gunakan kata - kata yang mudah. Semula, tujuanmu adalah berkomunikasi dan tidak mengesankan, kata - kata sederhana berkerja lebih baik daripada yang sulit. Tulis " get " daripada " procure ". Tulis " use " lebih banyak daripada " utilize ". Gunakan kata - kata yang panjang apabila tidak ada kata - kata yang pendek untuk digunakan.



6. Be Specific


Jadilah spesifik. Jangan menulis " Banyak dokter merekomendasikan merek X " tapi tulislah " 97% dokter memilih merek X ". Dapatkan pointnya. Katakan apa yang kamu maksud. Gunakan kata benda yang spesifik.


Dah itu ajah dulu.. :)

Ada yang mo nambahin??



0 komentar

Posting Komentar

Aduh.. cutenya yang berkomentar :)

Tapi jangan SPAM yach? ^^