nano spray mci
| 44 komentar ]


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti suatu metode mengoptimisasikan posisi blog / website pada search engine. Memang harus saya akui, saya memang bukan pakar atau ahli dalam SEO. Tapi saya sudah sedikit mengerti tentang Dasar - dasar SEO.

Berikut ini akan saya jabarkan beberapa dasar SEO yang saya ketahui.


1. META TAG

Apa sich meta tag itu?

Meta Tag adalah informasi yang berada pada baris yang berisi tentang Deskripsi blog, Keyword (kata kunci), Meta Content, Dll yang fungsinya untuk membantu search engine untuk mengkategorikan website / blog tersebut dengan benar.

2. KEYWORD

Keyword adalah kata-kata yang tidak boleh digunakan sebagai nama variabel, fungsi, prosedur, konstan dan lainnya, karena kata tersebut merupakan kata-kata yang telah dipesan oleh bahasa tersebut untuk melakukan perintah-perintah dasar. Masih bingung?


Ok, saya sederhanakan..

Keyword adalah sebuah rangkaian frase yang terletak pada META TAG yang berfungsi untuk mengidentifikasikan sebuah web pada search engine.

Keyword merupakan sebuah komponen terpenting dalam SEO karena melalui keyword-lah sebuah web dan blog bisa ditemukan oleh pengunjung lewat search engine. Semakin bagus kualitas keyword, semakin bagus pula lah posisi sebuah website pada search engine.

3. PAGE TITLE

PAGE TITLE adalah sebuah judul pada halaman web berada pada TAG <TITLE></TITLE> dari sebuah permulaan kode HTML yang akan ditampilkan pada bagian paling atas pada browser.

Saat kamu membuka blog saya ini, maka akan tampil sebuah tulisan pada bagian paling atas browser akan muncul tulisan :

"Funinsert|Dapatkan kesenangan berinternet disini!"

Nah, itulah page title pada blog saya. Untuk bisa menampilkan page title pada blog saya, saya mengetikkan kode :

<Title>Funinsert|Dapatkan kesenangan berinternet disini!</Title>

Ok, sejauh ini kamu mengerti penjelasan saya kan ? :)

4. ON-PAGE FACTORS

Faktor SEO yang mempengaruhi rank sebuah website pada search engine terletak pada element yang terkandung pada sebuah situs tersebut seperti content, keyword, title tag, link navigasi, dan kode.

5. OFF-PAGE FACTORS

Faktor inilah yang paling berbeda dengan hal - hal yang telah saya sebutkan diatas. Ternyata kepopuleran link sebuah situs pada situs - situs lain juga mempengaruhi rank sebuah situs pada search engine.

Jadi,semakin banyak kamu berkomentar, tukeran link, ato melakukan segala sesuatu yang tujuannya menyebarkan link, akan meningkatkan posisi website kamu pada search engine.

Apabila kamu hendak melakukan pertukaran link dengan situs lain, usahakan tukaran link dengan situs yang mempunyai page rank yang tinggi. Minimal punya page rank 2 lah.

Saya sarankan setiap hari kamu menebar link mu minimal sekitar 15 link pada website - website ber-page rank tinggi. Itu akan mempertinggi posisi websitemu pada search engine.


Akhirnya selesai juga artikel ini. Saya telah menyebutkan hal - hal yang saya tahu mengenai dasar - dasar SEO.


Apabila ada kesalahan, ato ada yang ingin ditambahkan, silakan comment :)


Thanks n semoga berguna buat kamu :)






44 komentar

Anonim mengatakan... @ Minggu, Desember 14, 2008

wah berarti tulisan seoku yang part 2 salah ya?

Andre mengatakan... @ Minggu, Desember 14, 2008

@ suwung

Iya Mas.. Bener :D

MaxiMize_13 mengatakan... @ Selasa, Januari 13, 2009

wah..harus lebih kreatif lagi ya""makasih ya mass...

Anonim mengatakan... @ Selasa, Maret 17, 2009

wahh..lumayan nih..dapat ilmu seo

tika mengatakan... @ Minggu, Juni 21, 2009

makasih bany info dasar - dasar seo nya yaa....

mastegar mengatakan... @ Minggu, Juli 05, 2009

bener juga mas.....

seo-rang jagoan biasa mengatakan... @ Minggu, Juli 05, 2009

Wah,bisa di coba nih....
^_^

Stop Dreaming Star Action Motivation mengatakan... @ Jumat, Juli 10, 2009

artikel nya bagus :D

ada cara jitu yang bisa membuat blog kita seo friendly g bos?
mungkin bisa d sharingkan sama kita2.heheheh :D

TANTE BUGIL mengatakan... @ Kamis, Maret 18, 2010

Aku seorang wanita karir ingin mencari pakar SEO.. untuk website bisnis

gambar artis mengatakan... @ Senin, Mei 10, 2010

top abis tips-tipsnya mas, muantap tenan, keep posting mas

belajar SEO mengatakan... @ Rabu, Juli 14, 2010

ih wew!!!
TOP artikelnya, sangat membantu

Blog News mengatakan... @ Kamis, Agustus 12, 2010

Keren Banget nih

http://blog-warta.blogspot.com

Game Anak mengatakan... @ Kamis, Oktober 21, 2010

Waduh...gak mudeng...sulit ya...

daniela mengatakan... @ Selasa, November 16, 2010

wah mantab, lumayan dapet tambahan ilmu SEO :)

jubah / gamis mengatakan... @ Jumat, Desember 03, 2010

bagi bagi ilmu SEO yang mantab nih :)

saroja mengatakan... @ Selasa, Desember 07, 2010

good posting

Article For Career mengatakan... @ Kamis, Desember 16, 2010

mw nanya :)
klo backlink itu apa ya dan sejauh apa peran backlink dalam peningkatan rank??
makasih ^_^

hansar mengatakan... @ Kamis, Desember 23, 2010

trimakasih banyak mas, sebauh artikel yang bagus untuk pemula seperti saya...! lam kenal...

rendy demust mengatakan... @ Selasa, Maret 01, 2011

wowowwowo ok thx mas bisa jadi lebih ngerti ttg SEO. lo tukar link itu gmn ya???

Master SEO mengatakan... @ Rabu, Mei 25, 2011

buat yang mau belajar seo dari dasar sampe jagoan klik cara mudah belajar seo

Unknown mengatakan... @ Selasa, Juni 28, 2011

memang benar

seo indonesia mengatakan... @ Jumat, Agustus 12, 2011

salam kenal, naise info..memang dasar seo sangat penting untuk diketahui agar sukses

GVron mengatakan... @ Senin, Oktober 17, 2011

Mak Nyus banget kang, mantap habis dah, salam kenal gufron, GVronblogspot.com, hatur nuwon sanget kang,..!

arie mengatakan... @ Kamis, November 03, 2011

mas, kalau misalkan mau belajar optimasi index page itu gimana ya??

saya banyak nemuin blog dengan posting kurang dari 50, tapi index pagenya sudah ratusan. itu gimana tuh caranya?

larning seo mengatakan... @ Sabtu, Desember 17, 2011

Nice Blog. Very informative content .
makasih gan infonya .
minta penilaian blog ane y udh masuk kategori blog so pa blum .. hehehe

Unknown mengatakan... @ Kamis, Januari 12, 2012

wah dasarnya aja udah lumayan rumit ya
^^
www.permenlolipopstar.blogspot.com

Unknown mengatakan... @ Kamis, Januari 12, 2012

wah dasarnya aja udah lumayan rumit ya
^^
www.permenlolipopstar.blogspot.com

AndiSeo.Com mengatakan... @ Jumat, Januari 20, 2012

Makasih gan infonya sangat bermanfaat untuk saya, Semoga ada balasan untuk share Anda ini...

Regards!

A004A mengatakan... @ Senin, Februari 06, 2012

ijin kopas gan....salam kenal aja...

Anonim mengatakan... @ Jumat, Februari 24, 2012

wah trims ya ats infonya.... kunjungi juga blog aku ya semua trims

Habib Sadulek mengatakan... @ Senin, Maret 05, 2012

HOHOHO! nice info nih gan! saya ini new-bee! yang lagi seneng2nya ngeblog! haha baru tau cara meniningkatkan visitor dasar kyk gitu!! makasih-makasih!

Dwijayasblog mengatakan... @ Minggu, April 08, 2012

Susah nyari pr2 auto approved, udah gitu aturannya banyak. BTW, this is good article to understand SEO.

dherly mengatakan... @ Selasa, Juni 05, 2012

mantabs!

Ramzi mengatakan... @ Selasa, Juni 19, 2012

Aku newbie banget kalo soal seo, trims infonya mudah2 aku bisa ni menguasai seo
salam kenal..

Azkaveiro mengatakan... @ Rabu, Juli 04, 2012

wah dapet info baru . makasih gan. sukses

komputer share mengatakan... @ Minggu, Agustus 05, 2012

wah terimakasih ilmunya

cidro mengatakan... @ Minggu, Agustus 12, 2012

saya mau tanya nih masbro....beda g sih tag keyword sama meta tag...
makasih sebelumnya...semoga sukses

wahanahitam mengatakan... @ Minggu, Agustus 12, 2012

saya mau tanya nih masbro....beda g sih tag keyword sama meta tag...
makasih sebelumnya...semoga sukses

Bodin Lingga mengatakan... @ Minggu, September 16, 2012

Pusing Gan, Google nggak menentu SERP nya sehari diatas sehari terlempar, apa yang harus saya lakukan Gan diBalik Tendangan maut PANDA dan PENGUIN Peliharaannya Mbah Google.

Marmer Tulungagung mengatakan... @ Minggu, September 16, 2012

Gan Nanya fungsinya meta tag itu apa tho,koq semuanya bahas tentang meta tag.terimaaksih

Bintang Trophy mengatakan... @ Minggu, September 16, 2012

Lumayan GAn Nambah ilmu SEO kita yang Agak-agak masih konyol

Agenbola268 mengatakan... @ Selasa, Oktober 02, 2012

Mantaaab Artikel nya nambah ilmu Seo :)

krozbonek mengatakan... @ Kamis, November 29, 2012

tambah ilmu lagi, makasih gan

krozbonek mengatakan... @ Senin, Januari 07, 2013

menarik sekali artikelnya tentang seo dasar
terima kasih infonya

Posting Komentar

Aduh.. cutenya yang berkomentar :)

Tapi jangan SPAM yach? ^^